Minggu, 11 Mei 2008

Chapter 6. Finding Kenshiro


6. Finding Kenshiro

Keesokan harinya. Di ruang makan, Yuri udah siap berangkat sekolah, tapi wajahnya kusut. Mamanya baru menyiapkan sarapan.

“Kenapa sayang? Kok lesu? Baru mens ya? Bukannya kamu mens-nya akhir bulan? Ato semalam kamu ngga tidur ya?” tanya Mama.

“Ih, Mama sok tau deh, aku udah habis mens kok Ma. Aku tadi malam mimpiin Ken, tapi cuma bentar, ngga lama kayak kemaren itu, jadi Yuri sedih banget nih...” jawab Yuri sambil meletakkan tasnya di atas kursi lalu duduk di kursi sebelahnya.

“Ken? Kamu masih mikirin mimpi itu? Ngga usah dipikirkan dong. Namanya juga bunga tidur. Udah sekarang kamu sarapan dulu. Mau Mama buatin bekal ngga?” tanya Mama sambil duduk di depan Yuri. Yuri melihat menu yang ada di meja makan pagi itu. Setumpuk roti tawar, meises, selai strawberry dan selai coklat, cereal dandua gelas susu buat Yuri dan Mama.

“Memangnya mama masak?”

“Belom sih. mama tadi bangun kesiangan. Tapi kalo kamu mau di buatin roti bakar buat bekal, Mama buatin deh,” jawab Mama sambil mengoleskan selai coklat di atas dua lembar roti tawar lalu di taburi meises, setelah itu di taburi lagi dengan parutan keju. Lalu di berikan pada Yuri.

“Makasih deh ma, ntar Yuri beli di kantin aja,” jawab Yuri sambil menggigit roti yang tadi di beri Mamanya.

“Jangan terlalu sering jajan di luar, Yur. Nanti kalo kamu sakit, gimana?” tanya Mama, “Mama buatin bekal buat kamu ya. Mumpung Shinta belom datang. ”Mama beranjak ke dapur.

“Memangnya Mama ngga ngantor?”

“Hari ini kan sabtu, Mama libur!!!” teriak Mama dari arah dapur.

Saat Yuri asyik minum susu Hi-Lo Teen-nya, tiba-tiba dia ingat sesuatu. Gara-gara udah sarapan dan minum susu, ingatan Yuri kembali. Iya, dia kemarin kan hilang ingatan. Cewek yang dilihatnya kemarin di warnet adalah Drew, classmate-nya Ken. Karena belom minum susu dan sarapan, makanya ingatannya agak kendur. Hehehe... menurut penelitian, orang yang perutnya kosong, daya ingatnya akan sedikit berkurang. Mau bukti? Silakan coba ngga makan selama tujuh hari tujuh malam. Dijamin langsung terbukti.

“Oh My God!! Drew!!! Cewek yang kemaren gue liat itu Drew, temennya Ken. Duh!! Kok bisa lupa sih?? Tau gitu kemaren kan coba-coba menginterogasi dia... Huaaaaa... Sebel! Sebel! Sebel!” teriak Yuri, Mamanya yang masih bakar roti sampe geleng-geleng melihatnya. Mama Yuri memang udah hafal watak anaknya yang pelupa itu, dan setiap berhasil mengingat sesuatu, pasti anaknya teriak-teriak. Mirip waktu mudanya dulu. Pepatah ‘Like mother like daughter’ emang akurat. ;P

“Yur, kamu kan bukan orang utan, kenapa teriak-teriak? Nanti dikira ada artis datang ke rumah kita, kan bisa heboh satu RT.” Kata Mamanya.

“Ih, Mama, sempet-sempetnya bercanda. Yuri baru inget kemaren itu yang ke warnet adalah Drew. Drew itu saksi kunci keberadaan Ken. Gimana nih?” tanya Yuri pada dirinya sendiri.

“Ah, semoga aja ntar Drew ke warnet lagi, and semoga aja ntar gue ngga lupa lagi, dan gue bisa ngorek-ngorek ( sampah kalii, di korek-korek!) soal Ken. Cihuiii... Asyikk...” Yuri semangat banget, sampe rotinya berhamburan kemana-mana. Payah!! Mamanya sampe geli ngeliatnya.

“Ini bekal kamu. Jangan jajan di luar ya,” kata Mama sambil memberikan kotak makan Yuri. Yuri menerimanya lalu dimasukkan ke dalam tas.

Terdengar suara klakson mobil di luar rumah Yuri. Serta merta dia mengambil tasnya setelah itu mencium pipi Mama, lalu melenggang keluar rumah.

“Ma, berangkat dulu!!” teriak Yuri.

“Iya!! Hati-hati di jalan!!” jawab Mamanya, ngga kalah kerasnya.

^^^

Di perjalanan menuju sekolah, teman-temannya seperti biasa sibuk dengan rutinitas masing-masing. Shinta mengemudi dengan headset di telinganya bicara dengan Andre ( ngga tau apa yang mereka bicarakan, padahal kan tiap hari ketemu). Megan berdandan, sambil memakai bedak, sedang Tami baru merapikan rambutnya yang kemaren habis di creambath.

“Meg, gimana kemaren? Natalie gimana?” tanya Yuri basa basi, padahal dia tau mereka ngga jadi ke RS.

“Natalie? Hm... gue sama Evan belom ke sana. Loe sih pake matiin HaPe segala. Gue sama Evan kan ngga tau RSPI dimana.”

“Kok jadi gue yang disalahin?” rutuk Yuri.

“Ya ampun Meg,jadi loe sama Evan ngga jadi ke RS? Trus loe kemana aja sama Evan? Ngga mungkin dong kalo langsung balik pulang?” tanya Tami.

“Gue sama Evan jalan-jalan ke Mall. Girlz, kayaknya gue mulai suka sama Evan deh. Evan tuh lucu, sopan, baik hati, enak di ajak ngobrol, cool... Gue mau kalo seandainya jadi pacarnya,” kata Megan sambil membayangkan wajah Evan. Yuri, Tami dan Shinta -yang udah selesai cuap-cuap- mulai ngeledekin Megan.

“Cieee... yang sedang jatuh cinta. Cieee....”

“Wah, high quality jomblo kita bakalan berkurang satu niihh. Cieee.... makan- makan dong, Meg!” kata Yuri.

“Makan-makan kepala loe? Orang jadian aja belom kok makan-makan.”

“Makanya cepet jadian,” Yuri tertawa. Dia senang karena misi buat mencomblangin Megan dan Evan berhasil.

“Tapi gue ngga enak sama kalian.”

“Ngga enak kenapa?”

“Ntar kebersamaan kita berkurang dong?”

“Ya ngga dong Meg, liat aja tuh Shinta, masih bisa ngatur waktu antara Andre sama kita-kita,” jawab Yuri.

Mereka semua tersenyum. Mengingat janji persahabatan mereka. ‘Apapun rintangan yang menghadang kita, kita akan tetap bersahabat selamanya.’

“So, kapan nih kita makan-makan?” tanya Yuri di sambut tawa teman-temannya. Menjadikan pagi itu makin ceria.

^^^

Sesampainya di pelataran parkir skul, Shinta memarkir mobilnya di sebelah mobil milik Pak Adam. Mau nyaingin Pak Adam ya? Awas aja sama kumisnya. Hiehiehie...

Setelah itu mereka menuju ke kelas. Lalu meletakkan tas mereka, Yuri dan Shinta duduk-duduk di depan kelas sambil ngobrol, sedang Megan, ehem...ehem... lagi nanya-nanya soal matematika sama Evan -yang sebenarnya udah dia hafal sejak jaman purba-. Evan sih seneng-seneng aja dideketin sama Megan gitu, tapi kok jadi kebalik? Rasanya bukan Evan yang PDKT tapi Megan. Walaupun gitu, yang penting perasaan mereka saat ini sama.

“Yur, Megan suka beneran ya sama Evan?”

“Lho emangnya kenapa? Bukannya bagus? Apa ngga boleh?”

“Ya boleh sih. Kenapa ngga dari dulu aja tuh anak dua PDKT ya?”

“Malu kali Evannya. Kalo Megan, loe kan tau selera Megan gimana, baru kali ini aja seleranya menurun.”

“Iya, gue juga heran, Megan kan seleranya kayak-kayak Tom Cruise, Keanu Reeves, Leonardo di Caprio...”

“Leo kan buat gue,” kata Yuri.

“Oh iya, kalo gitu Dani Pedrosa.”

“Atau Oncy-nya Ungu.”

"Atau Afgan yang suaranya lembu itu."

“Shin, ntar kalo Megan jadian sama Evan... tinggal gue dong yang high quality jomblo?”

“Ya ngga dong, Yur. Kan ada Tami.”

“Tapi kan Tami beda skul, kalo disini kan loe sama Megan udah punya cowok.”

“Apa kita suruh Tami pindah ke sini aja kali ya?”

“Gila loe!”

“Lho kenapa?”

“Tami kan SMK. Nah kita kan SMA. Mikr dongg!!” teriak Yuri sambil nunjuk-nunjuk jidat Shinta. Aduuh!

“O iya ya? Oon banget gue.”

“Loe dari dulu udah oon,” kata Yuri, “Hm, gue bakalan kesepian dong?”

“Lho, emangnya gue kemana?”

“Ya loe masih disini sini aja. Maksud gue, loe udah punya Andre, Megan ntar sama Evan, Tami beda skul, nah gue?”

“Loe kan sama gue, gimana sih?”

“Idih ngga lah yaw gue pacaran sama loe,” kata Yuri sambil menggeser duduknya menjauhi Shinta. Shinta langsung melongo.

“YURI !! Ih jahat loe ya?!” kata Shinta. Yuri tertawa sambil godain Shinta, “emangnya gue bakteri?” gerutu Shinta.

“Gitu aja ngambek... Cieee Shinta!!”

“Tauk!”

“Hehehe...” Yuri tersenyum lalu dipeluknya Shinta, “gue sayang sama loe, Shin.” Shinta melepas pelukan Yuri, lalu...

“HAH?? Gak mau gue!!” teriak Shinta sambil lari masuk ke dalam kelas sambil tertawa. Yuri mengikutinya.

Teng...teng...teng...

Bel masuk udah berbunyi, anak-anak kelas XI-1 udah mulai rapi, maklum pelajaran pertama Bu Rissa, wali kelas mereka. Bu Rissa masuk ke kelas membawa tumpukan baju kotor, eh salah, maksudnya membawa tumpukan buku tulis bersampul coklat. Lalu di letakkan di meja Herlina, murid cewek yang duduk paling depan. Lalu Herlina berdiri dan membagi-bagikan buku itu pada teman-teman sesuai nama yang tertera di sampul.

“Selamat pagi anak-anak!”

“Pagi Bu!!”

“Siapa yang tidak masuk hari ini?”

“Natalie Bu!”

“Oh ya, bagaimana apakah kalian sudah menengok Natalie?”

Seisi kelas menoleh pada Evan yang sedang menggigit bibirnya.

“Anu Bu, belum. Mungkin nanti siang.”

“Lho, kenapa? Kata...siapa ya kemaren itu? Katanya kemaren kalian jenguk Natalie?”

“Ngga jadi Bu, soalnya saya ngga tau dimana RSPI,” jawab Evan sambil meringis disambut ‘huu’ panjang oleh teman-temannya. Hihihi... Megan juga senyum-senyum.

“Oh ya sudah, nanti kalian jenguk. Sekarang kita mulai pelajarannya, keluarkan satu lembar kertas dan kita ulangan.”

“HAH !!??” teriak penghuni kelas XI-1, antara kaget karena ngga ada rencana ulangan hari ini dan panik karena semalam belom belajar.

“Apa? Hah,heh,hah,heh? Ulangan kalian minggu lalu jelek semua, cuma Evan yang dapet nilai bagus, itupun ngga lebih dari tujuh. Ibu ngga mau tau, hari ini ulangan lagi dan harus dapat nilai bagus. Sebentar lagi kan kalian ulangan umum. Jadi siap ngga siap, hari ini ulangan!” kata Bu Rissa.

“Ibu malu sama guru-guru yang lain. Guru-guru kompalin sama Ibu, karena kalian ngga ada yang bisa di atur. Ibu sebagai wali kelas kalian malu.” kata Bu Rissa, melankolis. Anak-anak yang tadi panik karena belom siap ulangan pada melongo, “kok Bu Rissa malah mendongeng?”

“Kalian tau anak-anak? Ibu baru lima tahun jadi guru, tapi udah sering ngadepin anak-anak kayak kalian. Dulu pas masih sekolah, Ibu ngga gini-gini amat sama guru. Ibu selalu membuat prestasi, membuat orang tua Ibu bangga. Ngga ada yang namanya malas belajar, nilai jeblok semua, apalagi bolos sekolah. Tapi jaman sekarang, kalian udah berani bolos, malas belajar. Sebenarnya apa sih yang ada di kepala kalian.”

“Otak, Bu!” jawab Rico.

“Iya benar, tapi otak kalian ngga di pake buat mikir.”

“Iya, Bu, kita kan mikirnya pake dengkul,” celetuk yang lain, semua menahan tawa, takut Bu Rissa marah.

“Nah itu bedanya anak-anak jaman dulu sama jaman sekarang. Ngga ada yang bener.”

“Yang ngga bener, anak-anak jaman sekarang apa jaman dulu, Bu?”

“Jaman sekarang dong! Anak-anak jaman sekarang mungkin terobsesi sama sinetron-sinetron, yang isinya cuma cinta-cintaan. Ibu juga suka sih sinetron. Ibu juga tau kalian sudah besar, udah puber semua, udah punya pacar...” kata Bu Rissa sambil melihat ke semua anak didiknya, “ada yang belum punya pacar?”

“Kok jadi ngomongin pacar?” gumam Megan. Yuri dan anak-anak lainnya termasuk Megan dan Evan mengangkat tangan kanannya, memberi tanda pada Ibu Gurunya bahwa mereka masih High Quality Jomblo sejati.

“Berarti sama, Ibu juga masih jomblo.”

“Emang umur Ibu berapa?” tanya Henny.

“Rahasia. Ada yang bisa menebak?”

“Tiga puluh ya, Bu?” tebak Bonny.

“Hmm... hampir benar.”

“Kenapa sampe sekarang Ibu belum nikah?” tanya Yuri.

“Belum ketemu yang pas.”

“Dicari dong Bu,” kata Shinta.

“Udah tapi belum ketemu. Ngga tau ngumpet dimana. Nanti Ibu cari lagi.” jawab Bu Rissa sambil cengengesan.

“Yaa, Ibu garing deh!”

“Emangnya Ibu ikan asin, kok garing?”

“Hahahahaha...” semua anak-anak itu tertawa kecuali Yogi, murid cowok paling dingin karena suka minum es cendol. Ya, apa hubungannya?

Hampir satu jam pelajaran tapi ulangan yang di katakan Bu Rissa ngga ada tanda-tanda mau dimulai. Ibu gurunya yang lupa apa anak-anak didiknya yang sengaja ‘mencuci otak’ Ibu Gurunya, ya?

Jarum jam terus berputar, dan lima menit lagi, jam pelajaran Bu Rissa habis.

“Bu!” panggil Yuri.

“Ada apa, Yuri?” tanya Bu Rissa sambil menoleh ke arah Yuri.

“Ngga jadi ulangan ya, Bu? Kok malah curhat?”

Bu Rissa melongo, hah? Kok bisa lupa?

“Oke, sekarang kita...”

Teng...teng...teng...

“Ya, jam pelajaran Ibu udah habis. Next time aja ya, Bu ulangannya. Lagian hari ini kan kita belom belajar, Bu,” kata Farid.

“Iya Bu...” seru semua murid.

Bu Rissa pasrah menerima keputusan dari murid-muridnya, sambil merapikan bukunya. Setelah itu Bu Rissa keluar dengan muka menunduk tanpa mengucapkan sepatah katapun pada murid-muridnya yang hanya bisa tertawa, menertawai dirinya. Uh! Gara-gara Pak Chris nih, jadi ngga konsen ngajar deh.

^^^

Pada waktu jam istirahat di Canteena de La Hungria, Yuri duduk berdua dengan Shinta, ngga pacaran lho... Biasanya emang ada Megan, tapi mendadak tuh anak jadi lengket sama Evan kayak roti sama selainya. Yuri cerita soal mimpinya ketemu sama Ken.

“Loe kenapa? Aneh ya gue mimpi kayak gitu?” tanya Yuri, cuek sambil menyeruput juice alpokatnya. Shinta melongo karena bingung.

“Yur, loe lagi ngga kemasukan setan kan?” tanya Shinta.

“Ya nggalah. Gila loe! Kalo gue kemasukan setan , gue ngga bakal bilang-bilang sama loe. Lagian mana ada setan yang mau deket-deket sama gue?” kata Yuri, sewot.

“Hihihi...iya ya? Tuh setan pasti langsung balik ke neraka, kapok jadi setan karena ada yang lebih menakutkan daripada setan.. Hahaha...” kata Shinta sambil tertawa terbahak-bahak sampe-sampe hampir jatuh dari kursinya.

“Sialan loe! Loe tuh emaknya setan!” balas Yuri.

“Kalo gue emaknya setan, loe tantenya dong! Ha..ha..”

“Ih, Shinta! Nyebelin deh. Orang lagi serius gini.”

“Eh iya iya, gitu aja ngambek,” kata Shinta sambil terus cekikikan.

“So, gimana nih? Gue harus ketemu sama Ken.”

“Yur, emang penting ya? Ken itu kan cuma halusinasi loe aja. Dia ngga real. Dan loe ngga mungkin ketemu di dunia nyata.”

“Tapi di Friendster, dia ada kok!”

“Trus gimana cara loe nyari dia? Loe mau telusuri dia?”

“...”

“Kalo dia di jepang gimana?”

“...”

“Kalo ternyata dia ngga ada disini lagi gimana? Maksud gue udah pass away gitu...”

“...”

“Yur!!” teriak Shinta, jengkel karena di cuekin.

“Hiks...”

“Ya, kok malah nangis sih?”

“Abisnya loe kok jahat banget jadi orang. Gue butuh saran loe, tapi malah...hiks...hiks...” Yuri menghapus air matanya. Shinta menghela nafas.

“Pulang skul, loe ikut gue yuk!” ajak Shinta. Wajah Yuri cerah kembali.

“Kemana? Mall ya?” tanya Yuri, excited.

“Psikiater.”

“Ngapain ke psikiater? Jangan-jangan otak loe udah terganggu ya?” tanya Yuri dengan memasang wajah cemas.

“Bukan gue.”

“Hah? Siapa? Andre?”

“Idih, enak aja. Bukan gue dan bukan Andre.”

“Trus sapa?” tanya Yuri masih penasaran. Shinta berdiri dari duduknya dan bersiap untuk lari.

“Loe! Haha...” jawab Shinta sambil lari keluar kantin meninggalkan Yuri yang bengong ngeliat tingkah temannya itu. Setelah sadar, Yuri mengejar Shinta.

“Shin!! Awas loe ya...! Gue tuh ngga gila!!” teriak Yuri, menarik perhatian orang-orang yang ada di kantin.

^^^

Sesampainya di kelas...

“Yur, gue ada ide,” kata Shinta setelah duduk di kursinya.

“Apaan?”

“Loe temui aja tuh temen-temennya Ken yang pernah loe liat di Friendster.”

“Yee...emang itu rencana gue.”

“Tapi caranya gimana? Biar mereka ngga kaget gitu karena loe sok sok kenal sama mereka.”

“Gini, loe inget kan kemaren gue pernah bilang sama loe kalo gue kenal sama cewek yang baru aja keluar dari warnet?”

“Hmm...”

“Nah tuh cewek namanya Drew, dia temennya Ken. Dan dia itu kayaknya sering ke warnet.”

“Oh, gitu ya? Ya udah ntar tanya aja sama dia. Tapi loe mau tanya gimana? Ya.. biar dia ngga curiga sama loe gitu.”

“Curiga? Emang gue ngelakuin tindak pidana apa?”

“Ya ngga, maksud gue, loe ngga mungkin dong cerita soal mimpi loe sama Drew? Oon banget loe ya?”

“Hmm...” Yuri tampak berpikir, “iya ya? Gue nanti dikira orang gila karena percaya sama mimpi.”

“He-eh. Jadi gimana?”

“Hm, ntar gue pikirin lagi deh. Loe kan tau otak gue kalo siang udah heng.”

“Ya, payah loe Yur!!” ujar Shinta, Yuri cuma bisa nyengir.

^^^

“Masa gue harus ikut? Ngga mau ahh!!” ucap Yuri saat pulang skul. Rencananya siang itu Evan dan Megan mo ke RSPI dan Yuri, Shinta juga Ryan –sobat Evan- harus ikut.

“Bukannya lebih baik kalian aja?” tanya Shinta, dia juga ngga mau ikut soalnya udah janji sama Maminya mau ke rumah Tante Farida, adik Mami Shinta yang baru melahirkan.

“Iya nih kalian berdua aja ya? Duh!! Gue kan harus jaga warnet. Bisa-bisa Doni marah nanti,” kata Yuri, lagi. Shinta mengangguk-anggukkan kepala tanda setuju.

“Please deh. Kita-kita kan ngga tau dimana RSPI,” kata Megan, Evan senyum-senyum di belakang Megan.

“Lagian masa sih kalian ngga pengen tau keadaan Natalie?” Megan terus memohon pada Yuri dan Shinta.

“Bukannya gitu Meg...tapi... ini masalah Doni, dia itu kan tukang ngambek,” tukas Yuri. Sebenernya sih gue pengen ketemu sama Drew, pengen tau Ken. Gue yakin Drew ke warnet lagi, batin Yuri. Tapi Megan nih... uhh!! Reseh banget deh, pake ngajak-ngajak segala. Aduh, gimana nih?

“Hallo? Doni? Don, gue Megan. Hm,gue mau minta ijin sama loe mau ngajak Yuri ke RS jenguk teman, boleh ngga? Boleh? Asyikk!! Eh? Kenapa? Oh, Yuri ngga berani ngomong sama loe, makanya gue yang telepon loe. Hu-uh. Iya ntar gue balikin dia, utuh sama tulang-tulangnya. Oke! Ya udah ya? Met jaga warnet aja. Bye...” Megan menutup HaPe-nya lalu tersenyum lebar, Yuriko cuma bisa menatapnya sambil melongo, ngga percaya, Megan melakukan itu.

“Megan!! Kenapa loe telepon Doni? Aduhh!!” Yuri panik. Yaa...ngga bisa ketemu sama Drew dong? Gara-gara Evan nih, pake pura-pura ngga tau RSPI segala. Ihh!! Terpaksa deh gue ikut. Sialan tuh si Megan.

“Udah dong Non, jangan manyun gitu. Loe itu kok ngga setia kawan. Kita kan mau jengukin Natalie, senyum dikit napa? Jangan-jangan pas Natalie liat loe manyun, penyakitnya tambah parah lagi,” kata Megan saat dalam perjalanan. Akhirnya yang ikut dalam rombongan dalam misi menjenguk Natalie adalah Evan, Megan, dan Yuriko.

“Hust, sembarangan. Kalo ngomong dijaga tuh mulut. Tapi sekarang loe puas kan gue udah ikut?” jawab Yuri masih terus manyun. Beberapa kali dia merutuki nasibnya. Shinta dan Ryan enak ngga jadi ikut, lha gue? Oh Tuhan... semoga di RS nanti gue ngga bete.

Cieee...SMS dari siapa tuuhh! –Nada dering HaPe Yuri kalo ada SMS masuk-. Yuri mengambil HaPe-nya di dalam tas.

Mama sayang...

-Sayang, km di wnet ya? Mm antar makan ke sana ya?-

Yuriko membalas

-ga usah Ma, yuri gak di wnet. Yuri mo jenguk tmn di RSPI-

Massage sent.

Cieee...SMS dari siapa tuuhh!

Mama sayang...

-oh ya udah,titi dj ya. Jgn lupa makan siang. Slm buat tmn km-

Yuri ngga membalas SMS Mamanya.

“Sapa Yur?” tanya Megan.

“Mama, nanyain kok gue belom pulang, katanya sih ada tamu dari Semarang, sodaranya Papa,” jawab Yuri berbohong. Ngga papalah boong dikit, abisnya kesel nih gara-gara Megan juga, Papa...maafkan anakmu yang kurang ajar ini... hiks, hiks.

“Wah sori ya Yur. Gue ngga tau kalo rumah loe ada acara,” jawab Megan dengan wajah sedih. Yuri tersenyum kecut.

Yee...kan gue dah bilang tadi ngga mau ikut. Tapi tetep aja loe paksa. Bener-bener loe ya...sekarang aja udah deket RSPI baru minta maaf. Telaaaatttt....! jerit Yuri dalam hati.


Tidak ada komentar: