Minggu, 11 Mei 2008

Chapter 1. Mama gue manga mania.


Chapter 1. Mama gue manga mania.

“Gue Yuriko Pramaishela. Gue anak tunggal. Sebenernya sih gue pengen banget punya kakak cowok, biar dia bisa ngelindungin gue kalo gue digangguin cowok-cowok iseng, gue kan termasuk cewek yang paling kece. Atau adik cowok juga yang bisa diajak berantem dan ngelindungi kakaknya dari marabahaya, lho kok jadi egois? Maunya dilindungin, hehehe. Mama gue seorang maniak Jepang. Dari kecil dia suka baca komik Jepang ampe sekarang umurnya yang ngga lagi muda. Itulah kenapa gue diberi nama Yuriko, padahal ngga ada darah jepang di keluarga gue. Papa udah meninggal lima taon yang lalu karena kecelakaan saat pulang dari kantor. Otomatis mama menjadi single parent. Tapi karena keadaan itulah gue dan mama jadi deket banget. Mama bisa diandalkan dalam segala hal, kadang bisa menjadi sosok seorang ayah, bisa menjadi teman dan sahabat yang selalu dengerin curhatan gue. Kisah cinta gue ngga semulus hubungan gue sama mama. Ya iyalah!! Hubungan ibu dan anak kan ngga bisa tergantikan, kecuali oleh maut, ya ngga?

Hobi gue makan, makan apa aja. Nasi, roti, bubur, kertas, pasir, sabun... hehehe... ngga lahh. Gue juga suka banget nulis. Terus sejak kenal internet, gue makin seneng nongkrong di warnet. Nyari kenalan lewat chatting, nyari data dengan browsing. Asyik deh pokoknya.

Gue pernah mengalami masa-masa pacaran ampe tiga kali, paling lama pacaran berjalan satu taon, lalu putus. Itupun dengan cinta pertama gue. Cinta pertama gue di mulai di bangku SMP di kelas dua. Namanya Doni, anak kelas sebelah yang jadi idola para cewek. Mulanya gue ngga kenal sapa dia, bahkan ngefans seperti cewek-cewek lainnya pun ngga sama sekali. Tapi semenjak kejadian di lapangan basket itu, gue dan Doni jadi deket. Ceritanya gini, siang itu Doni lagi main basket bareng temen-temennya, sedang gue dari kantin yang ngga jauh dari lapangan basket, pas gue melewati lapangan basket, ngga tau dari mana asalnya, tiba-tiba bola basket itu mendarat dengan manis di kepala gue. Jeduak!!! Spontan aja gue pingsan saking kagetnya. Dan setau gue, gue udah ada di UKS skul. Pas gue bangun, Doni nyapa gue dengan wajah sedih.

“Hai... maafin gue ya,” kata dia. “Gue ngga sengaja ngelempar bola ampe kena kepala loe. Gimana, apa masih sakit?” tanya dia sambil duduk di kursi deket ranjang. Suaranya merdu banget, wajahnya juga tampan. Oh! Kenapa gue baru sadar kalo ada makhluk cakep di skul ini? pikir gue. Gue masih bengong aja kayak sapi ompong, karena terpesona ama ketampanan dia.

“Hey, loe kenapa?” tanya Doni, kebingungan. Gue tersadar dari lamunan dan segera menetralisir keadaan.

“Ngga kok, ngga papa... hehehe,” jawab gue sambil tertawa, wajah gue pasti kayak udang rebus, merahh!!

“Loe mau kan maafin gue?”

“Iya, ngga papa kok. Gue udah maafin loe. Tenang aja, ya?”

Gue dan Doni terus ngobrol ampe bel tanda skul udah selesai bunyi dengan nyaringnya.

“Wah, udah pulang ya?” tanya gue sambil memandang keluar UKS. “Hm, by the way, temen-temen gue mana ya?”

“Oh, mereka? Mereka nyerahin loe ama gue.”

“Menyerahkan??” gue kaget. “Emangnya gue buronan polisi? Sembarangan aja mereka itu.”

“Haha... udah ngga usah cemas, ntar gue yang anter loe pulang, oke?”

“Wah, ngga usah ntar malah ngerepotin,” kata gue basa-basi, padahal sih mau banget dianter sama Doni.

“Ngga kok, hm, anggep aja ini wujud dari permintaan maaf gue sama loe, sekalian gue pengen tau dimana rumah loe, karena mungkin sabtu malam ntar gue mau main ke rumah loe. Boleh kan?”

Gue tersipu malu, artis skul mau main kerumah gue? Waa.... mimpi apa gue semalam? “Hm, boleh kok.”

Akhirnya Doni nganterin gue ampe rumah. Pas di tengah jalan, Doni minta nomer telepon gue, gue juga minta nomer telepon dia.

“Don, masuk dulu yuk?” ajak gue.

“Boleh nih?”

“Kalo loe mau.”

“Tapi kayaknya lain kali aja deh, soalnya gue hari ini ada les privat di rumah, bisa dimarahi mama kalo gue telat. Maaf ya? Tapi gue janji pasti ke sini lagi.”

“Oh, ya udah kalo gitu, ngga papa kok.”

“See you, Yuri.”

“Bye, hati-hati ya...”

Nah sejak itulah gue dan Doni jadi deket. Dan mama ngga perlu repot-repot nganter gue ke sekolah karena tiap hari Doni jemput gue. Satu bulan sejak kunjungan malam minggunya (resmi amat ya?), akhirnya gue dan Doni jadian. Gue bahagia banget bisa jalan ma Doni. Tentu aja dampak negatifnya adalah gue dimusuhi ama anak-anak cewek di skul gue, banyak yang ngga suka gue jadian ama Doni, bahkan ada gosip katanya gue pake peletlah, pake susuklah, pake dukun lah, pake bonekalah, pokoknya kacau banget.

“Ma... capek deh dimusuhin terus ama temen-temen,” curhat gue sama mama.

“Emangnya kenapa?”

“Kan mama tau, Yuri pacaran sama artis skul yang di gandrungi ama cewek-cewek pecinta cowok tampan.”

“Terus?”

“Aduh mamaaaaa..... mereka tuh kesel sama aku, apa aku harus putusin Doni aja ya, ma?”

“Eh, jangan! Mungkin aja temen-temen kamu Cuma iri. Biasanya kan gitu kalo artis punya pacar, kan fansnya sirik karena ngga terpilih jadi cewek yang dipacari artis tersebut. Jadi bukan salah kamu, sayang. Harusnya kamu bangga karena udah dipilih.”

“Tapi aku ngga enak, ma...”

“Ngga enak ya dikasih penyedap rasa biar tambah gurih,” jawab mama iseng, sambil menahan tawa.

“Ihh, mama nihh...”

“Ngga papa, ntar juga ilang sendiri.”

Malam minggu ke empat setelah jadian, gue diajak Doni ke lapangan basket deket alun-alun. Disana udah ada meja makan bulat yang dihiasi lilin juga kerlap kerlip lampu, indah banget deh. Setelah gue duduk, Doni mengangkat tangan ke atas dan menjentikkan jarinya. Setelah itu datanglah beberapa orang pelayan restoran yang membawakan makanan yang ‘wah’ banget. Maklum orangtua Doni kan pengusaha restoran. Juga datang beberapa orang pemain musik. Gue ampe bengong ngeliat keistimewaan yang Doni kasih buat gue. Mengingat Doni adalah orang kaya, yang barusan dia persembahkan buat gue mungkin ngga terlalu berharga, tapi buat gue... ahhh... terasa jadi putri sehari.

Keromantisan-keromantisan yang Doni kasih buat gue berhenti setelah gue mutusin Doni. Gue pengen fokus di ujian dulu. Dan gue ngga mau waktu belajar gue terganggu gara-gara pacaran ama dia. Emang sih ngga adil buat dia, karena dia ngga salah apa-apa. Tapi setelah gue kasih penjelasan, akhirnya dia bisa ngerti juga. Bukannya senang karena bisa konsentrasi belajar, eh gue malah nangis tiga hari tiga malam.

“Udah dong, sayang. Nanti juga dapat lagi cowok baru yang lebih baik dari Doni,” hibur mama.

“Tapi, aku sayang banget sama Doni, ma...”

“Iya mama tau. Dulu mama juga pernah patah hati kayak kamu. Tapi mama mikir, hidup kan jalan terus jadi ngga boleh nyerah gitu aja hanya karena putus cinta. Ya kan?”

“Hiks... hiks... iya ma, makasih, ya? Mama is the best lah.”

Begitulah cinta pertama gue. Walopun udah putus, gue dan Doni masih sahabatan dan justru makin deket. Perasaan sayang itu masih ada, walo status udah berubah.

Pacaran kedua, gue alami di bangku SMA kelas satu, ama temen sekelas gue, namanya Danu (kok huruf awalnya D semua sih?). Dia sih orangnya biasa-biasa aja, ngga setampan Doni, tapi dia smart. Dia punya kelompok belajar dan pesertanya cewek semua, bayangin dari sekian banyak anggota belajar, cowoknya cuma satu yaitu Danu. Setelah enam bulan jalan bareng, gue tau dia terlibat affair sama Rini, cewek manis kelas sebelah yang juga ikutan kelompok belajar itu. Dan saat itu juga gue putusin dia.

Sama kayak dulu pas gue putus sama Doni, gue nangis tiga hari tiga malam, dan lagi-lagi mama hibur gue.

“Yuri, kamu anak mama yang paling cantik. Mama yakin suatu saat ada pangeran yang turun dari langit dan akan memintamu jadi pendampingnya. Kamu ngga usah khawatir ya?”

“Ha? MANA ADA PANGERAN JAMAN SEKARANG MAAA....??? MANA ADAAA....??” teriak gue, mama ampe lompat, untung jatuhnya di kasur, coba kalo di lantai, apa ngga benjol tuh?

“Hihihi...” mama malah ketawa, “ya, pokoknya kamu ngga usah sedih-sedih lagi ya? Rumah sepi kalo kamu ngga teriak-teriak.”

“Hiks, hiks, iya mama... makasih. Yuri seneng mama bisa ngehibur Yuri,” gue langsung meluk mama.

Dan pacaran ke tiga adalah sama Rony. Tapi cuma jalan tiga bulan karena ternyata dia naksir Shinta, sahabat gue. Rony ngedeketin gue karena dia cuma akrab sama gue diantara cs gue. Gue curiga ama dia karena tiap kali berduaan yang dia tanyain selalu Shinta, Shinta dan Shinta!! Kesel sih... tapi ngga papa, toh dia udah ngajakin gue ke lima restoran di kota ini. Hehehe... tapi gue sama sekali ngga nangis kayak dulu pas putus sama Doni atau Rony, mama aja ampe heran.

Padahal sih dalam hati gue, gue tuh masih sayang gitu sama Doni. Sejak gue putus sama Doni, gue emang ngga pernah putus komunikasi selama satu taon, iyah cuma ampe kami lulus SMP, abis itu ngelanjutin ke SMA yang beda.Yang gue tau sih, dia masuk ke kelas akselerasi, itu lho kelas perrcepatan buat anak-anak yang IQ-nya diatas rata-rata alias jenius.

Gue masuk ke SMA pilihan gue sendiri. Mama sih pengennya gue masuk ke sekolah cewek alias SMEA, tapi gue ogah. Gue pengen masuk ke SMA.Disini gue dipertemukan dengan Shinta (lagi?? bosen gue jadi temennya selama 3 taon di SMP..) dan Megan, teman baru yang konyol abis. Yang ada cowoknya... hehehe. Setelah lama berdebat akhirnya Mama ngijinin juga gue sekolah di SMA.

Ya gitu deh mama. Mama selalu kasih gue support dengan apa yang gue lakuin, asal ngga negatif, kata mama. Gue beruntung jadi anak Mrs. Karin, itu nama mama. Karena ada temen gue waktu masih di SD, namanya Vita, dia sering mendapat kekerasan dari orangtuanya. Ibunya yang sering memperlakukan kasar, bapaknya ngga tau menahu soal itu. Yang dia tau, Vita disayang oleh ibunya, padahal Vita anak kandung mereka, tapi entahlah... mungkin karena masalah ekonomi jadi kayak gitu keadaan Vita. Buat Mama, I LOPH YU, Mom.” Tulis Yuri di blog yang dia beri judul ‘Mama gue manga mania’ di alamat U-riko.blogspot.com.





Tidak ada komentar: