Selasa, 12 Mei 2009

Tanda Merah apa ini?

Pagi ini udara di bumi Sukoharjo sangat dingin, mandi aja sampe menggigil kedinginan. Males mo ngapa”in, enakan tidur. Tapi kan harus kerja, jadinya ya musti berangkat kerja. Pas berangkat tadi hujan udah turun, sengaja gak bawa mantel. Deket juga warnetnya, ngapain pake mantel. Naik sepeda warisan nenek moyang, hahaha… gw sangat menikmati pagi ini dengan menggigil kedinginan. Kalo telat kerja kan ndak enak juga. Gw udah terbiasa disiplin. Walopun hujan badai kalo waktunya kerja ya kerja. Nekat, kalo sakit gimana? Biarin! Ah, gw ga terlalu peduli klo gw sakit. Dibiarin juga virus hilang sendiri. Tapi untuk kali ini gw agak peduli.

Beberapa hari lalu, gw digigit nyamuk, ntah kenapa banyak banget nyamuknya malam itu, paha sebelah kanan penuh dengan bekas garukan tangan gw, ada sekitar 6 bekas yang sama. Gw sih ngga terlalu peduli-peduli banget. Tapi kemaren gw menemukan luka yang lain, di belakang leher dan di jidat gw. Oh no!! Apa ini? Kata nyokap gw itu adalah ‘dompo’, huwaaaaaaaaa… bagemana ini?? Kenapa bisa gw kena penyakit kek gitu? Yang namanya aja asing bagi gw, gw gak ngerti apa itu dompo!! Ya, gw gak ngerti apa itu dompo. Nah tadi pagi sebelom bersih” warnet, gw search di google. Dan ini yang gw temukan, yang gw temui adalah sebuah imel dari pasien ke dokternya.

Pasien : sebenarnya penyakit dompo itu apa?

Dokter : dompo atau cacar ular atau herpes zoster itu penyakit virus, penyebabnya sama dengan cacar air, kl org sudah pernah kena cacar air, virus cacar air itu ngumpet dlm tubuh, kl suatu saat kambuh, manifestasinya itu jadi dompo.

Pasien : bagaimana cara menyembuhkannya dan mencegahnya?

Dokter : seperti penyakit laen karena virus, ya obatnya istirahat, vitamin. Khusus utk cacar air/herpes zoster/herpes bibir ada obat minumnya juga yg dpt mempercepat penyembuhan. Utk mencegah ya menjaga kondisi badan agar ttp dlm kondisi fit shg tidak timbul dompo..

Gw belom puas dengan jawaban itu, lalu gw search lagi di google. Dan ini yang gw temukan :

Penyakit Herpes atau dalam bahasa jawanya disebut : 'dompo' disebabkan oleh sejenis virus yang disebut : Herpes Virus Simpleks tipe 2, yang mempunyai ciri khas al :

Terutama mengenai daerah genital

Berpotensi menjadi kanker

Terutama pada sosial ekonomi yang rendah

Berkaitan dengan aktifitas seksual seseorang.

Gejala klinis Herpes yaitu :

* Gelembung-gelembung kecil berisi cairan, kemudian terkumpul menjadi satu dan membesar menjadi luka cukup besar di sekitar alat kelamin.

* Penyakit ini bersifat kambuhan, terutama berkaitan dengan fsktor psikis dan emosional seseorang, contohnya pada saat menstruasi, dll.

Yang gw takuti Cuma kankernya itu. Wiw, gimana kalo gw kena kanker? Tapi diliat dari gambar” dompo, keknya gw ngga masuk deh. Alhamdulillah… mgkn luka gw ini Cuma luka bekas garuk. Makanya memerah begini. Yach, mudah”an ndak kenapa”…

Oh ya, ada kabar baru. Gw akan mulai pakai kompor gas, dapet program konversi minyak tanah. Itu artinya gw bisa masak mie dan masak makanan yang lainnya tanpa perlu niup” api ga penting… huahuahua…


Tidak ada komentar: