Selasa, 19 Oktober 2010

Part I – Cara Mengikuti MBC Music Core




Karena saat ini, seseorang sudah bisa mendonlot dan mencari tahu mengenai jadwal acara ini dimana saja dengan mengetik di Google dan menemukannya kuang dari 0,098723 detik, aku akan melewati bagian jadwal dan langsung menuju ke bagian menu utama dan membiarkanmu menikmati the sexy sauce.

Part I – Apa yang aku perlu tahu jika ingin menjadi audiens di studio? ( Hanya berlaku bagi acara Music Core)

Ini adalah pertanyaan terbaik yang dapat ditanyakan oleh seseorang perihal mengantri untuk ikut acara Music Core.

1) Pre-prep:

A) Luangkan waktumu di hari Jumat dan Sabtu, karena pasti akan menjadi akhir minggu yang sibuk! Kamu mungkin perlu bangun pagi sekitar jam 5 AM untuk bersiap-siap, terutama jika kamu berencana akan antri untuk grup yang saat ini sedang populer. Jadi, ini berarti tidak ada berpesta-pesta di hari Jumat! Sebagai contoh untuk tanggal 9 Oktober, SHINee dan Beast adalah dua grup yang punya fans terbanyak, dan para fans itu sudah mengantri untuk mendapatkan nomor sejak pukul 6 AM atau 7 AM.

B) Pastikan untuk mendapatkan CD Album/Single terbaru dari artis yang ingin kamu ikuti!

C) Kamu perlu mengingat beberapa fakta mengenai artis tersebut, untuk membuktikan bahwa kamu memang seorang fan. Cari informasinya di wiki jika kamu tidak tahu. Bahkan, print saja dan pelajari saat kamu ada di antrian. Kamu punya waktu 7 jam, aku yakin kamu pasti akan mengetahui informasi mengenai artis favoritmu sebaik mungkin selama periode waktu tersebut.

2) Bagaimana untuk bisa sampai kesana

A) Studio MBC terletak di luar kota Seoul, di garis perbatasan Propinsi Gyeonggi, jadi perjalanan subwaymu mungkin membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam sampai 2 jam, jika kamu berasal dari Seoul. Stasiun Jeongbalsan berada di Line 3, dan kesanalah tempat yang kamu tuju. Keluar dari Exit 3 jika kamu sudah sampai disana.

Subway diatas maksudnya adalah jalur kereta bawah tanah yang biasanya digunakan sebagai mass rapid transportation di kota-kota besar. Jalur kereta tersebut dikenal dengan Line. Contohnya kalo di Busway adalah Jalur Dukuh Atas – Pulogadung adalah Jalur 4. Kamu bisa berpindah antara Line, sama seperti di Busway berpindah antara jalur.

Perbedaannya adalah di setiap stasiun, biasanya ada beberapa pintu keluar/Exit, tidak seperti Busway yang hanya punya 1 pintu keluar. Jangan takut kesasar/bingung, cukup ikuti jalur penunjuk saja yang biasanya sangat lengkap di setiap stasiun.)

B) Keluarlah dari stasiun dan lihat keatas. Kamu seharusnya bisa melihat ada sebuah overpass/fly over di sebelah kanan di Exit 3. Lewatilah fly over tersebut. Saat kamu sampai di tangga teratas, berbelok kirilah, kamu harusnya bisa melihat sebuah taman besar. Pergilah ke taman tersebut – kamu akan melewati Lotte Department Store

C) Sekarang lihat kearah kejauhan. Apakah kamu lihat sebuah gedung dengan tower radio diatasnya berbentuk segitiga? Itulah gedung Studio MBC. Kesanalah tujuanmu.

D) Sampai disini, kamu harus berjalan melewati taman dan menuju ke area dimana banyak terdapat toko-toko dan penjual makanan. Ini berarti kamu berada di jalur yang benar! Terus saja berjalan!

E) Sejujurnya, jika kamu merasa tersesat, cukup ikuti saja rombongan fans anak-anak SMP atau SMA.

3) Mengantrilah

Jika segala sesuatunya berjalan baik, kamu akan sampai ke sebuah daerah dimana ada begitu banyak fans mengantri di barisan yang sangat rapih. Good job! Sekarang carilah lambang nama artis yang ingin kamu ikuti!

A) Pergilah ke baris terdepan dan carilah person in charge/penanggung jawab untuk kelompok fan. Biasanya kamu bisa tanya kepada siapapun yang ada dibarisan terdepan, mereka seharusnya bisa membantumu. Tidak tahu bahasa Korea? Tidak perlu khawatir! Gunakan bahasa Inggris yang sederhana dan mimik-kan apa yang kamu mau! Untungnya bagi kita, sistem persekolahan di Korea mengharuskan pelajar mereka untuk mengambil pelajaran Bahasa Inggris sebagai pelajaran bahasa asing! Mintalah form pendaftaran dan/atau nomor antrian. Inilah hal pertama yang harus kamu lakukan saat kamu sampai disana. Kemudian setelahnya, kamu akan melakukan apa yang dilakukan oleh orang-orang. Mungkin hal ini terdengar sulit dan membingungkan jika kamu tidak tahu Bahasa Korea, tapi sebenarnya tidaklah sesulit yang kamu pikir! Umumnya, mereka sangat baik dan mau membantu, karena mereka tahu kamu adalah seorang fan walaupun kamu tidak berbicara dalam bahasa mereka! Mereka akan membantumu sebisa mereka agar kamu bisa melihat artist yang kamu suka.

B) Kamu perlu tahu jam berapa mereka akan berkumpul kembali/ re-gathering time ( dalam Bahasa Korea disebut 재소집 ( baca : jae so jib ).Tanyakan kepada orang di depanmu jam berapa kamu harus kembali lagi ( jika kamu akan keluar dari antrian ). Adalah hal yang normal jika kamu keluar dari antrian untuk berjalan-jalan dan mencari makan – Fans di Korea tidak akan memotong antrianmu. Sebenarnya, mereka bahkan tidak akan mengambil tasmu, jika kau membiarkan tasmu didalam antrian untuk menandai tempat antrianmu! Jangan terlambat untuk berkumpul kembali, sebenarnya, usahakan untuk datang 30 menit lebih awal hanya untuk berjaga-jaga!

4) Jika memang diperlukan! Jika memang kamu membutuhkan sebuah album untuk artis tertentu secepat mungkin, entah karena alasan apa kamu tidak memiliki album mereka, JANGAN KHAWATIR! Ada sebuah Home Plus ( Altins: Nama toko penjual CD album, sama seperti Disc Tarra ) di dekat taman. Pergilah ke Lantai 3 untuk mendapatkan CD yang kamu cari! Bertanyalah dan kamu akan menemukan!

5) Jangan Khawatir Tentang :

A) Makanan! Ada begitu banyak makanan di sekelilingmu termasuk di dalam studio!

B) Toilet! Ada juga toilet di dalam studio dan toiletnya cukup bersih!

6) Waktu Pertunjukan Tiba!

A) Pastikan kamu memegang nomor dan album artist tersebut ditanganmu! Fan club memang mendapatkan prioritas, tapi itu bukan masalah,karena kamu juga pasti akan bisa masuk kedalam studio!

B) Jangan lupa! Tidak boleh mengambil gambar di dalam studio! They will kick your ass!

C) Mungkin mereka akan memberikan kepadamu sesuatu untuk dilambaikan di dalam studio sewaktu pertunjukan, atau mungkin juga tidak. Tapi jika mereka memberikanmu, lambaikan saja! :-)

Source : Soompi News + koreanindo

2 komentar:

octarezka mengatakan...

nicee blogg..

lam knal y. :')

iSauRa CassandRa mengatakan...

makasih .. salam kenal juga :)