Kamis, 07 Oktober 2010

Korean Cuisine : Top Seven Exotic Korean Dishes for Foreigners

Beberapa hari yang lalu Korean Herald merilis 7 hidangan Korea yang dianggap Eksotis bagi para orang asing. Berikut adalah daftar hidangannya:

1. Fermented skate (삭힌 홍어)

Skate alias Pari yang difermentasikan dianggap sebagai makanan utama untuk pesta-pesta besar di provinsi Jeolla daerah barat daya Korea. Rasanya yang sedikit tajam tidak menarik banyak orang untuk mencobanya. Korean Herald menemukan jika aromanya sangat menantang.

2. Silkworm Lava (번데기)

Larva ulat, snack unik dari korea yang disebut “beondaegi,salah satu snack jalanan yang staff korean herald anggap terlalu eksotik. Ulat dimasak , disajikan di atas kertas cangkir kertas dan dijual dengan murahnya di jalanan.

3. Chicken feet (닭발)

Kaki ayam adalah makanan populer yang utamanya dijual di street pub di Korea dan biasanya disajikan dengan soju. Kaki-kaki ayam itu dibumbui dengan paprika merah, bawang putih dan disajikan dengan dipanggang. Staff asing Korean herald mengatakan jika mereka tidak menikmati kaki ayam ini karena bentuknya yang tidak biasa.

4. Live octopus (산 낙지)

Tentakel-tentakel yang menggeliat dari gurita yang masih hidup, dalam bahasa korea disebut “sannakji”, menakuti mereka yang mencobanya untuk pertama kali. Untuk staff asing kami, ini adalah ‘makanan paling menjijikan yang pernah mereka rasakan’ yang menggambarkan seperti penghisap. “aku sangat menderita akibat kelengketan sannakji. Aku tak akan pernah memakannya lagi.” Ucap salah satu staff asing yang tak mau disebutkan namanya.

5. Sundae (순대)

Sundae adalah makanan yang berbentuk seperti sosis yang sangat disukai oleh banyak orang di Korea. Tapi inilah culture shock untuk para orang asing. Usus babi diisi darah hewan yang beku, mie plastic, sayuran dan rempah-rempah yang membuat para foreigners ragu-ragu untuk mencoba.

6. Bosintang (보 신탕)

Bosintang adalah sup yang bahan utamanya adalah daging anjing. Secara tradisionalhidangan ini dianggap sangat sehat di Korea, namun menjadi subjek kontroversi dari dalam dan luar Korea karena kekhawatiran atas hak-hak binatang. Daging anjing juga dikonsumsi oleh beberapa Negara asia lainnya seperti Philippines, China dan Vietnam.

7. Gopchang (곱 창)

Gopchang mengacu pada usus babi atau sapi panggang yang dicampur dengan sayuran, paprika merah, dan bumbu rempah lainnya. Hidangan ini juga tak disukai/ dinikmati oleh orang asing. Bagaimanapun, orang Korea menyukainya karena teksturnya yang kecal dan rasa seperti jus.

Source: Ryu Jeong-hyun (Intern reporter) koreanherald

^O^ seandainya kalian diberi pilihan, mana yang paling menantang untuk dimakan? aku? aku mau coba octopus! haha~~

Tidak ada komentar: